Senin, 02 Januari 2012

Data Base


Pada saat ini perkembangan  teknologi informasi sangat cepat. Penyebarannyapun juga sangat  cepat secara global dan tanpa adanya batasan waktu. Pekerjaan manusia sudah banyak sekali dibantu oleh komputer, salah satu aplikasi dalam pembahasan kali ini akan di ulas tentang penggunaan data base didalam Bimbingan dan Konseling.
1.    Pengertian data base.
Database (basis data) adalah kumpulan file-file yang mempunyai kaitan antara satu file dengan file yang lain sehingga membentuk data untuk menginformasikan satu perusahaan dan instansi. Bila terdapat file yang tidak dapat dipadukan atau dihubungkan dengan file yang lainnya, berarti file tersebut bukanlah kelompok dari satu database, melainkan membentuk satu database sendiri. Database juga merupakan landasan bagi pembuatan dan pengembangan program aplikasi. Oleh sebab itu, database harus dibuat sedemikian rupa sehingga pembuatan program lebih mudah dan cepat.
Beberapa Definisi tentang Database :
1.      Menurut Gordon C. Everest :
Database adalah koleksi atau kumpulan data yang mekanis, terbagi / shared, terdefinisi secara formal dan dikontrol terpusat pada organisasi.
2.      Menurut C.J. Date :
Database adalah koleksi “data operasional” yang tersimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi.
Ø  Data input adalah data yang masuk dari luar sistem
Ø  Data output adalah data yang dihasilkan sistem
Ø  Data operasional adalah data yang tersimpan pada sistem
3.      Menurut Toni Fabbri :
Database adalah sebuah sistem file-file yang terintegrasi yang mempunyai minimal primary key untuk pengulangan data.
4.      Menurut S. Attre :
Database adalah koleksi data-data yang saling berhubungan mengenai suatu organisasi / enterprise dengan macam-macam pemakaiannya.
Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi para pemakai. Penerapan database dalam sistem informasi disebut dengan database system. Sistem database adalah suatu sistem informasi yang mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Databse terdiri dari data yang akan digunakan atau diperuntukkan terhadap banyak user, dari masing-masing user akan menggunakan data tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Adapun hirarki data adalah:
Ø Database adalah kumpulan dari beberapa file atau tabel yang saling berhubungan antara file yang satu dengan yang lainnya.
Ø File adalah kumpulan dari record yang saling berkaitan dan memiliki format field yang sama dan sejenis.
Ø Record adalah kumpulan dari field yang menggambarkan satu unit data individu tertentu.
Ø Field adalah suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari sebuah field.
Ø Byte adalah atribut dari field yang berupa karakter yang membentuk nilai dari sebuah field.
Ø Bit adalah bagian terkecil dari data secara keseluruhan, yaitu berupa karakter ASCII nol atau satu yang merupakan komponen byte.
Database dapat dibuat dan diolah dengan menggunakan suatu program komputer, yaitu yang biasa kita sebut dengan software (perangkat lunak). Software yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) database disebut Database Management System (DBMS) atau jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia berarti “Sistem Manajemen Basis Data.
2.    Ciri-Ciri, Tujuan, Keuntungan, dan Manfaat Database

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini